BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 15 September 2011

RPP ku

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester      : IV /1
Pokok Bahasan       : Petunjuk Pemakaian
Alokasi Waktu         : 2 x 35menit (1 x pertemuan)
                                              
I.       STANDAR KOMPETENSI
Membaca
3. Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi.

II.      KOMPETENSI DASAR
3.2  Melakukan sesuatu bedasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca.

III.    INDIKATOR
1.      Dapat menentukan urutan petunjuk pemakaian obat, shampo, lotion, kalkulator dan jangka.
2.      Dapat menuliskan urutan petunjuk pemakaian obat, shampo, lotion, kalkulator dan jangka.
3.      Dapat menyebutkan fungsi dari obat, shampo, lotion, kalkulator dan jangka.
4.      Dapat menjelaskan urutan petunjuk pemakaian obat, shampo, lotion, kalkulator dan jangka.
5.      Dapat melakukan kegiatan sesuai dengan petunjuk pemakaian obat, shampo, lotion, kalkulator dan jangka.

IV.    TUJUAN PEMBELAJARAN
-          Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menentukan urutan petunjuk pemakaian obat, shampo, lotion, jangka dan kalkulator.
-          Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menuliskan urutan petunjuk pemakaian obat, shampo, lotion, kalkulator dan jangka.
-          Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menyebutkan fungsi petunjuk pemakaian obat, shampo, lotion, kalkulator dan jangka.
-          Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan urutan  petunjuk pemakaian obat, shampo, lotion, kalkulator dan jangka.
-          Melalui presentasi kelompok, siswa dapat melakukan kegiatan sesuai dengan petunjuk pemakaian obat, shampo, lotion, kalkulator dan jangka.

V.      MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Petunjuk pemakaian

VI.    METODE PEMBELAJARAN
*      Tanya jawab
*      Diskusi kelompok
*      Model pembelajaran NHT

VII.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pra Kegiatan
1.  Salam
2.  Berdo’a
3.  Presensi
4.  Mengkondisikan kelas

A.   Kegiatan Awal:
1.      Guru menanyakan materi yang telah dibahas pada pertemuan yang lalu.
2.      Guru melakukan apersepsi dengan bercerita yang berkaitan dengan materi petunjuk pemakaian.
3.      Guru memberikan motivasi kepada siswa.
4.      Guru Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai kepada siswa.

B.   Kegiatan Inti
1)   Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok , setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa dan tiap anggota kelompok di beri nomor yang berbeda.
2)   Siswa berdiskusi dengan anggota kelompok untuk menentukan urutan petunjuk pemakaian obat, shampo, lotion, tipex dan tisue.
3)   Guru memanggil nomor siswa secara acak dan siswa yang nomornya ditunjuk segera mengacungkan jari dan maju ke depan kelas untuk menjelaskan hasil diskusi dan melakukan kegiatan sesuai dengan petunjuk.
4)   Anggota kelompok lain menanggapi dan menambahkan jawaban dari temannya.
5)      Memberikan penguatan bagi siswa yang aktif dalam diskusi.
6)      Guru mengkonfirmasi hasil diskusi kelas.
7)      Guru memberikan reward kepada kelompok dan siswa yang paling aktif.

C.   Kegiatan Akhir
1.  Guru dan siswa menyimpulkan hasil diskusi tentang petunjuk penggunaan sebuah bahan dan alat.
2.  Guru memberikan motivasi untuk menggunakan sesuatu sesuai dengan petunjuk yang benar.
3.  Guru memberikan pemantapan kembali mengenai materi petunjuk penggunaan sebuah bahan dan alat.
5.  Salam Penutup.

VIII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
*      Kurikulum Standar Isi
*      Silabus Kelas IV
*      BSE Bahasa Indonesia SD Kelas IV Penulis mri Nur’aini dan Indriyani
*      Gambar obat, shampo, lotion, kalkulator dan jangka
*      obat, shampo, lotion, kalkulator dan jangka

IX.       EVALUASI
1.         Prosedur tes
a.         Tes awal                    : Tanya jawab
b.         Tes dalam proses       : Performance, keantusiasan
c.         Tes akhir                   : Tes evaluasi
2.         Jenis tes
a.         Tes lisan        : Tanya jawab
b.         Tes tertulis    : Lembar kerja siswa, tes evaluasi
3.         Instrument tes
a.         Tabel Pengamatan (terlampir)
b.         Lembar Kerja Siswa (terlampir)
c.         Lembar Soal Tes Evaluasi     (terlampir)
d.        Lembar Penilaian      (terlampir)



Semarang, ................................2011
Mengetahui,
Guru Kelas,                                                             Praktikan,



Atif Nurhandayati, S.Pd                                          Novita Jiwanti Sabila
NIP. 19670207 199903 2 003                                  NIM. 140240293

Kepala Sekolah,                                                      Guru Pamong,



Rita Hermiati, S.Pd., M.Pd                                      Jumarni, S.Pd., M.Pd                         
NIP. 19620831 198304 2 007                                  NIP. 19660707 199901 2 003